Pages

About

Terkadang sering bertanya sendiri.. kenapa blog ini ada? sepertinya kok buang-buang energi harus meluangkan waktu, pikiran, dan tenaga untuk menulis kata demi kata. Belum lagi saat "praktikum" harus menyiapkan tetek bengek ubo rampe dan sebagainya demi terdokumentasikannya proses yang dilakukan... ngelus dada (dada sendiri loh..hehe).

Kalau mau menengok kebelakang (gak usah dipraktekkan..hihi).. Pertama, berawal dari obrolan di group whatsapp carens owner jateng jogja. Masalahnya cuman sepele.. banyak diskusi menarik seputar carens di group yang sayang untuk dilewatkan dan terbuang begitu saja seiring ratusan chating yang menenggelamkan berbagai diskusi menarik dan bermanfaat. Proses scroll ke atas untuk membuka diskusi lama tentu juga menyulitkan dan seringkali malah sudah di clear chat... hilang semua deh history chatnya.. hohoho.. Alhasil daripada obrolan teknisnya lenyap.. kenapa tidak disimpan saja dalam sebuah wadah tertentu sehingga ketika ada permasalahan teknis bisa dibaca kembali tanpa harus susah-susah scroll sana sini.. jempol pegel gan..

Kedua, entah.. kenapa tiba-tiba terpikirkan untuk membuat blog saja untuk menampung beberapa obrolan yang kemudian dikelompokkan menjadi permasalahan-permasalahan tertentu dan diberi judul sesuai dengan tema permasalahan tersebut. Gampang-gampang susah juga... gampang kalau pas diskusi ramai kebetulan mengikuti arah obrolan dan permasalahan yang didiskusikan.. tetapi seringkali tidak semua obrolan bisa diikuti kan? terkadang beberapa hari tidak mantau whatsapp dan ketika dicek sudah numpuk ratusan chat yang harus dibaca perlahan kemudian diurai satu persatu arah obrolan dan kesimpulannya apa kemudian dituangkan dalam tulisan di blog ini... syusahh gaann..

Ketiga, teringat di awal mula memiliki carens.. dengan pengetahuan buta tentang mesin.. teringat pula banyaknya biaya yang harus dikeluarkan untuk permasalahan-permasalahan yang terjadi. Bengkel resmi sebagai satu-satunya rujukan pada waktu itu ternyata memiliki standar operational procedure yang kurang menguntungkan bagi konsumen yang berkantong pas-pasan seperti ane ini. Beruntung menemukan wadah pemilik carens di threat Official Carens Kaskus yang sedikit banyak membuka mata pengetahuan tentang seluk beluk carens. Setelah itu tertampung di group BBM Carens Owner @Kaskus... dan selanjutnya lagi beralih ke group whatsapp Carens Owner. Group yang luar biasa, yang jujur merubah pola pengeluaran dana tahunan. Dari pos pengeluaran yang biasanya mampir setor ke bengkel resmi berubah menjadi penghematan yang berkelanjutan karena banyak member di group tersebut yang saling membantu berbagai troubleshooting permasalahan carens.

Dari cerita itu, ane pribadi merasa sangat terbantu dengan berbagai informasi yang di share dalam group... sangat terbantu sekali. Cukup terbantu begitu saja..?? secara pribadi pun ane merasa bahwa supaya adil, maka pengalaman dan ilmu yang diberikan Tuhan melalui group tersebut harus disampaikan pula pada orang lain yang membutuhkan.. Enggak mau juga kan kelak ketika di akherat nanti ditanya malaikat.. kenapa punya ilmu dan pengalaman disimpan sendiri? bingung jawabnya ane gan..

Sementara itu dulu... niatnya berbagi aja gan.. terimakasih untuk temen-temen yang sudah berbagi. Semoga nanti justru akan semakin banyak kontributor penulis yang mau meluangkan pengalaman melalui tulisan yang bisa semakin membantu pengguna carens diluar sana.. amiin.

Salam carens lover..

7 comments:

  1. Selamat pagi carens lover, salam kenal saya chandra pemakai kia carens II ada sedikit masalah mungkin ada yang bisa bantu share saya dai kulon progo yogya tapi tinggal di bogor.
    pertama mobil saya ada masalah kalau mesin hidup masih dingin masih normal ketika sudah panas tiba tiba rpm drop dan berangsur angsur mati kira kira penyakitnya mobil saya ini isc atau bukan ya terima kasih mohon pencerahan dan bantuannya.

    ReplyDelete
  2. kalau ada nomor WA bisa join grup biar enak om. mesin mati bisa banyak penyebab dan harus dicek satu2. Gampangnya mesin hidup harus ada syarat bensin dan api. Cek part yg terkait distribusi bensin spt fuelpump, injektor, dsb. Cek part yg terkait pengapian spt koil, busi, kabel busi, dsb. Fungsi ISC membuat putaran mesin tetap idle (langsam). jadi ciri2 isc troubel biasanya pada mesin yg tidak bisa langsam ketika ada tambahan beban (misalnya AC).

    ReplyDelete
  3. Gan, Ane lagi cari mobil second dengan dana minim, ada tawaran mobil Carens-2 tahun 2007 kilometer 101 ribu, kira2 apa saja yang musti di cek saat melihat unitnya langsung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tips cari mobil second bisa browsing2 gan.. kurang lebih sama kok.. intinya:
      1. jangan terburu2
      2. bandingkan dg yang lain
      3. cek body, mesin, kaki2, dan interior.
      4. jangan tergiur harga yg kelewat murah
      5. berkas komplit.
      6. tau sejarah mobil tsb
      7. siapkan budget tambahan utk servis awal.
      8. berdoa diberi yg terbaik.

      detilnya banyak di gugle gan.. semoga lancar..

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Instagram