Dari dulu pengen kuras radiator enggak pernah kesampaian..selain enggak ada waktu juga enggak tau posisi pembuangan radiator carens ada dimana..?? Hahaha..
Sempet sih intip sana sini..nyari baut buangan air yang biasanya berbentuk baut kupu-kupu..tapi enggak ketemu-ketemu..
Klo bingung begini biasanya nanya di grup whatsapp..tp mau nanya letak baut buangan air radiator kok malu... wkwkwk...keliatan newbie banget..haha..
Sumber kedua tempat bertanya tentu saja ke tritnya om nic di kaskus...dan akhirnya nemu secercah harapan..
Dari info di trit agan Gene00...baru tau..ternyata baut buangan air radiator bentuknya bukan baut kupu-kupu....pantesan enggak nemu..hahaha...
Berhubung sudah ada pencerahan..langsung aja kita bongkar:
1. Enaknya mesin dalam kondisi dingin...biar enak buka bautnya...enggak kecipratan air panas..
2. Buka baut pembuangan air radiator menggunakan obeng kembang (+) usahakan yg kembangnya besar (obeng besar). Posisi baut ada disebelah kiri bagian bawah..baut menghadap ke bawah.. enggak perlu ngolong..cukup diraba-raba aja pake tangan.. kalau msih kurang yakin..ya bolehlah ngolong buat ngintip..
3. Biarkan tutup radiator dalam posisi tertutup ketika membuka baut buangan air... ketika baut sudah terlepas.. air masih belum keluar..itu brarti tutup radiator dalam kondisi layak pakai.. kemudian buka tutup radiator..air akan keluar dari lubang pembuangan.. awas air panas..
4. Biarkan air keluar sampai habis..disitu akan keliatan betapa kuningnya air radiator karena korosi..
5. Pasang selang air ke mulut radiator dan biarkan air mengalir terbuang di pembuangan sampai air buangan sudah berwarna jernih..
6. Tutup baut pembuangan radiator... isi air radiator sampai penuh.. tutup kembali radiator..
Tahap pertama kuras sudah selesai.. lanjut..
7. Nyalakan mesin sekitar 1 menit... kemudian ulangi tahapan dari awal.
8. Air buangan pada kuras pertama sudah bersih..ternyata setelah mesin dinyalakan dan terjadi sirkulasi air pendinginan mesin... tahapan kuras kedua...air kembali kotor... akhirnya saya sendiri melakukan sampai 3 kali pengurasan sampai air buangan bener-bener jernih...enggak jernih2 banget sih...tapi lumayan lah.. :-D
9. Kalau sudah yakin untuk menutup buku kerjaan ini..:-D ...pasang kembali baut pembuangan, biar yakin enggak bocor bisa ditambahkan selotip tba.. ketika mengencangkan baut secukupnya saja...jangan sampai terlalu kencang..bautnya dari plastik..takut rusak...
10. Nyalakan mesin mobil dan cek jarum temperatur ada pada posisi normal..(jarum tidak lebih dari separo pada skala temperatur)
Catatan:
Ada banyak metode pengurasan air radiator..dari yang mudah sampai yang rumit..
Yang dipraktekkan disini termasuk mudah..tidak sampai dan tidak sempat membuka selang yang menuju blok mesin...tidak memperhitungkan jenis air yang digunakan..tidak menggunakan cairan campuran apapun...alias hanya sekedar kuras saja..
Air yang saya gunakan pun hanya air pdam biasa..
Enggak berani pake coolant juga... karena radiator tua..udh 6th lebih..takut malah bocor klo pakai coolant..
Bayangin..selama 6th radiator diisi air pdam...selama itu enggak pernah dikuras pula...wkwkwk...jangan ditiru.!!
DIY: Artdian - Sleman
Dari info di trit agan Gene00...baru tau..ternyata baut buangan air radiator bentuknya bukan baut kupu-kupu....pantesan enggak nemu..hahaha...
Berhubung sudah ada pencerahan..langsung aja kita bongkar:
1. Enaknya mesin dalam kondisi dingin...biar enak buka bautnya...enggak kecipratan air panas..
2. Buka baut pembuangan air radiator menggunakan obeng kembang (+) usahakan yg kembangnya besar (obeng besar). Posisi baut ada disebelah kiri bagian bawah..baut menghadap ke bawah.. enggak perlu ngolong..cukup diraba-raba aja pake tangan.. kalau msih kurang yakin..ya bolehlah ngolong buat ngintip..
![]() |
| Baut buangan air radiator |
3. Biarkan tutup radiator dalam posisi tertutup ketika membuka baut buangan air... ketika baut sudah terlepas.. air masih belum keluar..itu brarti tutup radiator dalam kondisi layak pakai.. kemudian buka tutup radiator..air akan keluar dari lubang pembuangan.. awas air panas..
4. Biarkan air keluar sampai habis..disitu akan keliatan betapa kuningnya air radiator karena korosi..
![]() |
| Air buangan kuras pertama |
5. Pasang selang air ke mulut radiator dan biarkan air mengalir terbuang di pembuangan sampai air buangan sudah berwarna jernih..
6. Tutup baut pembuangan radiator... isi air radiator sampai penuh.. tutup kembali radiator..
Tahap pertama kuras sudah selesai.. lanjut..
7. Nyalakan mesin sekitar 1 menit... kemudian ulangi tahapan dari awal.
8. Air buangan pada kuras pertama sudah bersih..ternyata setelah mesin dinyalakan dan terjadi sirkulasi air pendinginan mesin... tahapan kuras kedua...air kembali kotor... akhirnya saya sendiri melakukan sampai 3 kali pengurasan sampai air buangan bener-bener jernih...enggak jernih2 banget sih...tapi lumayan lah.. :-D
![]() |
| Air buangan kuras ketiga |
9. Kalau sudah yakin untuk menutup buku kerjaan ini..:-D ...pasang kembali baut pembuangan, biar yakin enggak bocor bisa ditambahkan selotip tba.. ketika mengencangkan baut secukupnya saja...jangan sampai terlalu kencang..bautnya dari plastik..takut rusak...
![]() |
| Tambahkan tba pada baut |
10. Nyalakan mesin mobil dan cek jarum temperatur ada pada posisi normal..(jarum tidak lebih dari separo pada skala temperatur)

Ada banyak metode pengurasan air radiator..dari yang mudah sampai yang rumit..
Yang dipraktekkan disini termasuk mudah..tidak sampai dan tidak sempat membuka selang yang menuju blok mesin...tidak memperhitungkan jenis air yang digunakan..tidak menggunakan cairan campuran apapun...alias hanya sekedar kuras saja..
Air yang saya gunakan pun hanya air pdam biasa..
Enggak berani pake coolant juga... karena radiator tua..udh 6th lebih..takut malah bocor klo pakai coolant..

Bayangin..selama 6th radiator diisi air pdam...selama itu enggak pernah dikuras pula...wkwkwk...jangan ditiru.!!
DIY: Artdian - Sleman








sipp
ReplyDeleteTrims artikelnya om art..
siap2 siap kerja praktek :)
haha.. siap om putut.. :-D
Deletemakasih om, ditunggu aksi2 selanjutnya
ReplyDeleteMakasih infonya mudahan blogx rame pengunjung
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteTerima kasih infonya om,baru tau setelah pakek 2th ðŸ¤ðŸ¤ðŸ¤
ReplyDelete