Pages

Tips Merawat Matic Carens



Yang punya carens matic kayaknya perlu mencermati nih.. Kebetulan nemu materi bagus postingan om Febi - malang di Kaskus.. ijin copas ya om.. :-D

Quote------------------

malem gan..

Ane kasi tips neh buat merawat trasmisi matic Carens agan, karena termasuk mobil yg sudah berumur, perlu perhatian ekstra untuk transmisi, terutama matic.
sebelum mendapati banyak masalah dan malah dibikin pusing dengan biaya jutaan karena masalah-masalah matic, ada baiknya gan ikuti tips berikut.

Dianjurkan selalu melakukan pemanasan mesin
saat pagi hari / mesin dingin (minimal 10 menit) sebelum jalan. Agar oli matic melumasi sempurna seluruh komponen transmisi.

Gunakan posisi D (drive) sewajarnya
Posisi D, sebaiknya digunakan untuk jalanan datar. Untuk jalanan tanjakan atau turunan , gunakan posisi 1 atau 2 sesuai kemiringan jalan dan beban. Untuk jalan turunan, hal ini dilakukan guna menghasilkan engine break untuk membantu rem menahan beban kendaraan.

Hindari sering kick down pedal
Dianjurkan gunakan fitur OD/OFF untuk menyalip atau berakselerasi dengan segera. Atau jika torsi yang didapat dirasa kurang bisa down lever to posisi 2 atau bahkan 1. Dengan syarat saat up lever angkat gas seiring melakukan perpindahan ke posisi yg lebih rendah.

Cek kondisi oli matic (quantity)
Cara ceknya, buka dipstick transmisi (posisinya tepat di atas gearbox), dan lihat gambar


pastikan saat mesin berjalan normal, posisi oli matic berada di hot scaleantara full dan low.
cold scale hanya untuk mesin yang belum dijalankan dan suhu luar sekitar berada di kisaran 20 derajat ceicius.

Mudahnya, nyalain mesin, jalankan mobil atau jika dalam kondisi diam biarkan idle sampai fan menyala, buka dipstick, pastikan oli matic berada di hot scale antara low dan full.
Jika berada di bawahnya, tambahkan

Cek kondisi oli matic (quality)
Sama seperti cek kuantitas ATF, buka dipstick, dan ambil selembar tissue, teteskan oli matic dari dipstic ke tissue ato ke ujung jari.
jika berwarna merah cenderung kehitaman, segeralah ganti oli matic atau flush oli matic-nya..
Dan Jika oli berwarna merah cerah (biasanya cenderung merah muda) berarti kualitas oli matic masih bagus. (lihat gambar spoiler)


Cek berkala oli matic (ATF=AutomaticTransmissionFluid)
Ganti oli matic disarankan tiap 20.000 Km atau 12 bulan.

spek oli matic Carens dianjurkan menggunakan
spek ATF-SPIII, spek ini agak langka, karena hanya mobil2 tertentu yg pake spek oli ini..
di kemasan ATF cari aja yang ketemu spek Kia/Hyundai/Mitsubishi ATF SP-III

kalo ane sih
tiap 10.000 / 6 bulan ganti oli (di tap)
tiap 20.000 / 12 bulan ane flush
ATF pake FK Massimo DEX-IIIG (setara spesifikasi Mitsubishi Diamond SP-III)
ato lebih ekonomis pake UNIOIL MV

selamat merawat Carens agan




FAQ: Frequently Ask Questions about Automatic Transmission

Gan fungsi OD/OFF sebenernya buat apa sih?
OD/OFF fungsinya adalah saat posisi D, fitur OD/OFF menahan perpindahan transmisi sampai ke rasio ke 3, atau gigi ke 3. Jadi perpindahan gigi nya hanya di 1 - 2 - 3. Misalnya saat agan melaju di kecepatan 100 Km/jam dengan fitur OD/OFF tidak diaktifkan, transmisi saat agan melaju sudah berada di gigi 4 atau Overdrive (rasio berat). Nah saat agan menekan tombol OD/OFF, fitur OD/OFF akan menyala, dan posisi gigi akan turun ke posisi 3 dan RPM akan naik. Saat itulah torsi jadi gede dan cocok untuk aggressive driving.
KIA Carens Owner @ Kaskus

Gan, ane gak nyalain OD/OFF tapi kok indikator OD/OFF nya berkedip
Berarti ada masalah tuh di transmisi agan, biasanya fungsi solenoid terganggu karena masalah ATF kotor, atau switch inhibitor agan ada masalah. Dan banyak masalah lainnya. Kalo diikuti jarum speedometer mentul mentul ato mati berarti speed sensor gan. Karena matic ga bisa bekerja dengan speed sensor mati. Silahkan cek ke bengkel langganan.

Apa ga malah rusak gan mindah dari dari posisi 1 ke 2 lanjut ke D
kagak gan, asal kurangi RPM saat perpindahan.

Pas jalan tanjakan curam ane posisi 1 gan, pindah ke posisi 2 malah loyo, tapi di posisi 1 mesin malah meraung-raung
tetep di posisi 1 aja gan, jaga di RPM 4000 an kalau jalan curam. Pilih mana mesin meraung jadi boros BBM, atau matic ente rontok

Bener gan susah banget cari spek oli SPIII adanya cuma DEX-III

Pake aja gan gapapa, tapi perpendek periode penggantian, atau pake DEX-IIIG gak langka2 amat kok kayak SP-III

Kenapa kickdown kok boleh gan, padahal itu kan salah satu fitur matic
Gak melarang gan, cuma disarankan jangan sering2, karena kickdown membuat transmisi matic bekerja keras, dan mempercepat keausan seal dan kampas maticnya.

Gan kok dari posisi N ke R, ane injek gas mobil jadi loncat yah
Santai, itu wajar, dari N ke R sebaiknya jangan seketika injek gas. Tunggu sampai terasa jedug baru injek gas.

Emang njedug yah
Iya gan, tapi njedug halus itu wajar, kalau kasar dan keras berarti ada masalah

Total oli matic CR berapa liter yah?
5,4 liter gan

Kalo ganti oli berapa liter gan?
2 liter (di tap)

Kalo flush, berapa liter?
6-9 liter gan

kalo hella flush gan?
ceper mampus gan, besar peleg daripada ban..

Gan nanya lagi dong?
Gaboleh, dilarang kepo..

Masa ga boleh nanya gan, Ane ada problem gan ama matic ane..
Posting aja, ntar pasti dijawab ama suhu dimari.. Coz ane bukan suhu.. ane cuma kaki tangan suhu.



Sumber: kaskus - om Febi - malang


Carens Owner Jateng DIY

No comments:

Post a Comment

Instagram