Pages

Berasa Mobil Eropa (Mimpi)





Mengenang sekian tahun yang lalu di pertengahan tahun 2009 ketika membulatkan tekat untuk membeli kendaraan roda empat untuk pertama kalinya. Antara kebutuhan dengan sedikit balutan keinginan emosi untuk meningkatkan level transportasi keluarga sambil menunggu buah hati yang diujung tahun akan segera muncul dari gelap rahim ibunya.

Seperti pola pikir orang jawa pada umumnya, berhubung banyak sodara.. maka prioritas mencari kendaraan pun diusahakan yang bisa mengangkut agak banyak penumpang. Maksudnya supaya bisa pergi bareng-bareng sanak sodara dan juga bisa dipakai bila tetangga-tetangga membutuhkan angkutan untuk acara sosial warga.
Ukuran kantong dan keterbatasan informasi mengerucutkan obyek pencarian pada merk sejuta umat.. yaitu duo avanza xenia.

Proses berburu dimulai, kok ya "ndilalah" yang disenengin selalu tipe tertinggi dari kedua merk tersebut yang pada waktu itu harganya masih diujung langit. Ada sih yang lebih murah sesuai budget.. tapi itu tipe terendah dengan spek fitur yang sangat minim. Dan itu enggak sreg dihati.. daripada dipaksakan.. mending dipending dulu.

Sampai pada suatu hari, saya dan istri dipertemukan dengan Carens II.. melihat tampilan eksteriornya membuat kami kepincut.. dan kemudian ketika memasuki kabin dan memperhatikan interiornya... positif kami sepakat untuk jatuh cinta pada mobil ini.. :-D.. bayang-bayang merk duo sejuta umat sirna sudah... Di tahun produksi yang sama dan di kisaran harga yang sama dengan spek duo terendah.. fitur yang ditawarkan oleh Carens II ini bener-bener melebihi fitur dan spesifikasi duo sejuta umat dengan tipe tertinggi sekalipun... fiuuhh.. sekali lagi kami jatuh cinta pada pandangan pertama... :-D

Generasi Carens sendiri pada waktu itu tahun 2009 terdiri dari beberapa seri:
1. Tahun 1999 - 2001 Carens I, MT/AT, Built Up.
2. Tahun 2003 Carens II EX, MT/AT, Built Up.
3. Tahun 2004 - 2005 Carens II SE, MT/AT, CKD.
4. Tahun 2006 Carens II SE Limited Edition (facelift/kumis), MT/AT, CKD.
5. Tahun 2007 Carens II, MT/AT, CKD.

Pada waktu itu.. pengennya sih ambil yang generasi facelift tahun 2006, tapi apa daya kantong tak sampai.. akhirnya dipilihlah generasi Carens II EX tahun 2003 yang diimport secara utuh (built up) dari negara Korea sana. Entah kenapa, embel-embel built up membuat semakin pede bahwa kendaraan ini memiliki kualitas perakitan diatas rata-rata.. built up gitu loh..

Alhasil setelah meminang Carens II MT/2003 dan menggunakan selama bertahun-tahun.. ini mobil memang bener-bener kendaraan Asia dengan rasa Eropa... ya enggak eropa banget sih.. tapi untuk rasa sudah mendekati lah.. hehe...

Spesifikasi teknis detil bisa di browsing saja, tapi laporan pandangan mata secara kasat mata bisa melaporkan bahwa ada beberapa hal yang bisa dirasakan ketika menggunakan Carens II, yaitu:

1. Kabin
Masuk kedalam kabin khususnya baris pertama dan baris kedua cukup lega dengan kursi empuk yang dilengkapi dengan sandaran tangan. Penyejuk udara dilengkapi dengan mode dingin sampai dengan panas. Lampu baca di kabin depan termasuk box penyimpanan kacamata disamping lampu baca. Tombol penghangat kaca untuk mengurangi efek embun pada kaca belakang dan kaca spion. Stir yang bisa distel naik turun. Seatbelt untuk seluruh penumpang, khusus seatbelt depan bisa diatur ketinggiannya.
Ruang kabin yang cukup lapang

Panel utama

Display jam yang besar dengan 2 buah lampu baca
 disertai box penyimapanan kacamata baca

Panel sebelah kanan dengan tombol washer
 wiper depan belakang

Model lampu plafon untuk baris tengah dan belakang

Seatbelt yang bisa disetel ketinggiannya

Wiper yang bisa distel kecepatannya
disesuaikan dengan intensitas hujan

Untuk bagian belakang silahkan memanjakan anak dengan cara mengatur kursi baris tengah dalam posisi rebah. Posisi ini akan menyulap kabin tengah dan belakang menjadi satu dan berubah menjadi semacam kasur di dalam mobil. Untuk urusan charger dibagian belakang juga tidak perlu kawatir karena dibagian belakang disediakan colokan lighter yang bisa digunakan untuk personil bagian belakang.

Jok baris tengah dengan sandaran tangan
 dan tempat minum di sandaran tengah

Jok yang bisa diubah menjadi tempat tidur

Children Lock untuk mengantisipasi anak-anak
yang membuka handle pintu dari dalam ketika mobil berjalan



2. Suspensi
Suspensi cukup empuk karena menganut sistem independent suspension. Walaupun empuk, dalam kecepatan tinggi masih cukup stabil. Kecuali pada saat manufer, ada sedikit limbung tetapi itupun tidak terlalu mempengaruhi kestabilan berkendara. Dibandingkan dengan mobil sejuta umat sebelah.. jauuhh..

Membuat pede ketika melewati jalan berlubang atau benjolan jalan. Melewati benjolan jalan sambungan jembatan yang biasanya harus mengurangi kecepatan supaya penumpang tidak "terlempar".. ketika menggunakan carens... libas saja.. dijamin penumpang masih terlelap..

3. Pengendaraan
Untuk urusan kestabilan saat kecepatan tinggi, carens sangat bisa diandalkan. Handling cukup responsif. Dan tenaga semakin menjadi di putaran atas. Tapi bagi yang mengharapkan tenaga galak di putaran bawah.. jangan terlalu berharap pada carens. Walaupun memiliki kapasitas 1.800 cc, entah mengapa begitu kurang responsif di putaran bawah. Untuk tanjakan perlu pengenalan dengan karakter mobil ini sehingga bisa memperoleh tenaga yang optimal. Tetapi pengalaman naik turun gunung pake carens sih sementara aman. Kecuali bener-bener STOP di tanjakan terjal, bakal beneran main-main kopling supaya bisa GO... tanjakan terjal loh ya..

Jalan datar bisa jadi makanan empuk untuk carens.. kecepatan 100 - 150 km/jam masih tidak terasa dengan handling dan suspensi yang tidak membuat melayang.

4. Perawatan
Kata orang merawat mobil korea itu susah. Ada benarnya dan ada salahnya. Pengalaman saya.. sama saja kok antara mobil jepang dan korea. Browsing harga sparepart dengan mobil merk jepang pun masih dikisaran harga yang sama.. ada yang lebih mahal ada yang lebih murah.. tapi kisarannya sama.



Cuman emang agak susah mencari bengkel spesialis korea, mungkin tidak ada di semua kota. Tapi sebenernya bengkel biasa pun sama aja sih. Banyak temen-temen member grup yang bertahun-tahun tidak pernah mampir bengkel termasuk saya..hihi.. artinya adalah bukan berarti tidak pernah merawat mobil melainkan orang awam pun bisa... apalagi bengkel.. walaupun bengkel non korea.

Yang penting ikutlah grup sosial carens. Sangat membantu sekali apabila terjadi masalah. Cari info di grup.. ketemu masalahnya.. order sparepart online.. beres deh.. :-D


Singkat kata, untuk kendaraan bekas carens layak dipertimbangkan. Ditengah tekanan mobil LCGC yang merajalela.. mobil carens ini masih layak dibeli dan dinikmati.. karena tidak ada mobil dengan fitur seperti carens dengan harga yang seperti carens.. :-D


artdianhudaya

No comments:

Post a Comment

Instagram