Klo udah gini...banyak penyebabnya..bisa jadi karet jendela udah getas..mekanik kaca jendela macet..atau mungkin ada masalah di motor power window atau mungkin juga masalah lain yang saya sendiri juga enggak tau..hehe..
Langsung aja, kita coba cek motor power window...biasanya yang sering terjadi adalah collboster (karbon) sudah habis dan perlu diganti baru.
Step by step:
Bongkar doortrim si carens ...kemudian lepaskan mekanik motor power window.
Pada saat bongkar motor power window jangan lupa untuk mengganjal kaca jendela dengan batang kayu supaya kacanya enggak melorot jatuh..(klo pecah panjang urusannya..hehe).
Biar lebih yakin bisa ditambahkan ikatan tali rafia untuk mengikat kaca jendela dalam posisi kaca tertutup.
![]() |
| Ganjal kaca dengan kayu supaya tidak jatuh melorot |
![]() |
| Perangkat power window |
Mumpung dibongkar sekalian dipelajari dengan seksama fungsi-fungsinya..
![]() |
| Jeroan rotor PW |
Lepaskan penutup rotor, lepaskan karbon yang sudah menipis dan ganti dengan karbon yang baru, apabila ukuran karbon berbeda...silahkan melakukan sedikit modifikasi pada karbon tersebut supaya bisa masuk..kikir sana sini..fitting..sampai masuk pada posisi yang pas.
Mumpung baru dibongkar, sekalian bersihkan rel dan segala mekanisme pergerakan kaca dengan pembersih.
3. Sebelum dipasang, cek dulu gerakan rotor..ON..OFF...klo dirasa kecepatannya sudah kencang...silahkan pasang kembali seperti semula...
Siipp...sekarang enggak perlu buka pintu saat bayar tol... :-D
DIY: Wiskov - Purwokerto






Terimakasih suhu tutorialnya. Besok lusa mau dicobain. #sungkem
ReplyDeletesiipp om Viddi.. :D
Delete