Pages

Sensor CKP trouble


Pagi hari ini tadi si carens  ngambek... mesin enggak mau nyala.. padahal semalem habis jalan normal-normal aja..enggak ada tanda trouble..

Kunci kontak di start beberapa kali cuman bunyi cengengek2... tapi mesin enggak mau nyala blass..
Akhirnya enggak usah dipaksa deh... paksa start berulangkali malah bisa bikin aki tekor...

Ane tinggal kerja dulu deh... di kantor masih bertanya2..apanya ya? Hmmm..
Sambil mikir... mesin bisa hidup syaratnya ada bensin ada api...

Oke... sore pulang kerja baru sempet ngecek2...
1. Cek aliran bensin... kunci ON.. kedengaran bunyi fuelpump..."nguukk".. artinya fp bekerja..
Lanjut.. cek pentil yg ada di fuel rail di pantat injektor... pencet...dan croott... artinya ada aliran bensin yg mensuplai injektor.

2. Lanjut cek api..alias pengapian.. tersangka penghasil api adalah busi dan koil. Buka busi.. starter.. tidak ada percikan api.. buseengg... kondisi busi kering..

Hampir aja belanja koil dan busi... tapi beruntung ada grup whatsapp yang menginfokan tersangka lain... yaitu sensor ckp .. yang bilamana sensor ckp ini bermasalah maka sensor ini akan menghentikan kinerja pengapian saat starter... alias walaupun busi dan koil sehat tapi kalau sensor ckp tidak memberi perintah maka kedua komponen tadi akan silent aja..alias tidak merespon mengeluarkan apinya walaupun distart berulangkali... (baca: mengenal sensor dan aktuator carens)

3. Cek sensor ckp... dan benar... ternyata soket pecah dan salah satu pin kabel terlepas..

Kemudian dicoba dipasangkan kembali kabel yg terlepas itu... starter... daaannnn "cek jreengg".. mesin nyala normal.. tks god.. :-)
Posisi sensor ckp
(pinjem foto om bagus)

Ealaahhh... gara2 soket yg udah berumur 13th... ambyarr... bikin deg2an aja.. hehe..

Mumpung masih utak utik soket, sekalian deh dibongkar.. dan diakalin soketnya..
1. Lepas soket ckp..
2. Lepas sensor ckp ada di bawah termostat.. pake kunci pas 10.
3. Bersihkan sensor ckp..
Isi soket ckp terdiri dari 3 kabel

Sensor ckp yang kotor

Bersihkan ujung sensor dengan bensin dan amplas

Sensor ckp setelah dibersihkan
4. Urusan soket pecah...
Masalahnya enggak ada yg jual soketnya aja.. alias harus beli sensor ckp seharga 150-200rb.
Akhirnya diakalin aja deh... pake sealer utk blok mesin.. biar posisi kabel lebih stabil.
Sifat sealer ketika kering seperti karet..sehingga suatu saat nanti lebih mudah dibongkar.. jangan pake lem, ntar bisa repot pas bongkarnya nanti..


5. Setelah sealer kering.. pasangkan kembali ke soketnya.. biar lebih pede... dililitkan selotip hitam.. biar makin erat colokan soketnya.
Apabila setelah dipasang.. rpm justru tidak normal.. bisa jadi pasangnya kebalik..

Alhasil... masalah selesai... lanjut buka puasa..


Share: om Artdian.. thanks to om Nunu - jkt......................... om sholeh tangerang, om bagus sleman, om erwin sleman, om nurhadi solo, om yanto sukoharjo, om wisk purwokerto, om putut bantul, om amin tegal... untuk ilmu dan dukungannya... :-D

Carens Owner Jateng DIY

6 comments:

  1. Replies
    1. Siap om...semoga carens dan pemiliknya selalu sehat terus..amiin :-D

      Delete
  2. Kayak e pas ke blora,mesin tiba2 mat di rpm tinggi,suspect ckp lemah deh..thx om art..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waw..virus ckp menular..hehe..
      coba dibersihkan dulu om.. sekalian soketnya semprot pake contact cleaner, siapa tau sembuh.. lumayan bisa ngirit.. :-D

      Delete
  3. Sy ada trable Carens 1,,,di stater tdk mau hidup,,,fuel pimp gak hidup,,,api d busi gak ada,,,apa penyebabnya saudara??

    ReplyDelete
  4. Misi om om suhu ijin sharing masalah..mesin hbs over heat lgsg rujuk ke bengkel bongkar alhasil harus di press,selesai mesin gak mau stabil,cek scan sensor skp cmp bermasalah,gak ambil pusing lgsg ganti dua2 nya,skrg msh suara msh pincang,cek lg katanya koil nya yg bermasalah,padahal br 2 bln koil itu baru saya ganti baru,mhkn ada yg alamai seperti ini?matursuwun

    ReplyDelete

Instagram