Pages

Kaki Carens Kaku-Kaku 2


Kemarin sudah di bahas komponen kaki si carens bagian depan sebagai penghasil suara berisik, semoga udah solved.. :-)
#baca Kaki Carens Kaku-Kaku 1

Biar yang belakang enggak iri, kayaknya perlu dishare dimari juga nih..
Komponen kaki-kaki bagian belakang pada umumnya enggak serumit bagian depan, dan juga intensitas trouble tidak sesering bagian depan. Tapi enggak ada salahnya di cek satu persatu....yuukkk


1. Link Stabilizer
Bahasa gaulnya "link stabil".. fungsinya untuk mengikat batang stabilizer bar bawaan carens yang mengubungkan suspensi kanan dan suspensi kiri. Link stabil ini mengikat stabilizer bar dengan shockbreaker yang tujuannya membuat sinkronisasi ayunan suspensi kanan dan kiri sehingga mobil menjadi lebih stabil.

Link stabil belakang
 Di kedua ujung link stabil ini terdapat balljoint yang seharusnya susah digerakkan tanpa alat alias alot banget.. kalau balljointnya bisa digerakkan pake tangan artinya sudah brekele...oblak.. tentunya bisa menjadi sumber bunyi khususnya ketika melewati jalan yang tidak rata...dan suara akan hilang ketika lewat aspal halus.

 4. Karet Belah
Kadang disebut karet karet stabil... karet belah.. karet roti... karena mungkin bentuknya seperti roti bolu..hehe.. karet bushing stabilizer ini fungsinya untuk memegang batang stabilizer untuk menempel pada sub frame. Kalau tidak diikat tentunya ada kemungkinan akan bergoyang dombret dan bersenggolan dengan komponen lain di kolong yang kalau diintip memang udah berdesak-desakan karena sempit. Nah kalau karet ini udah lemah atau bahkan mungkin mahal copot.. hilang.. maka besar kemungkinan stabilizer bar carens berbenturan dengan komponen besi lain di dekatnya khususnya besi sub frame rangka carens... muncul bunyi tak..tak..ketika melewati jalan bergelombang atau polisi tidur.
Karet belah / karet stabil

3. Link Lateral
Link lateral ini berfungsi sama seperti swing arm pada komponen kaki-kaki bagian depan.Yang fungsinya memegang spindle / tromol roda belakang dan bergerak mengayun ke atas dan ke bawah.
Link lateral untuk kaki belakang ini terdiri dari dua, yaitu lateral depan dan lateral belakang, dimana link lateral sisi belakang bisa disetel panjang pendeknya.
Link lateral depan


4. Link Trailing
Link trailing fungsinya kurang lebih untuk mengunci spindle / tromol roda belakang sehingga tidak bergerak maju/mundur ketika mendapat tekanan.
Link trailing


#Link lateral dan link trailing pada dasarnya jarang trouble.. hanya saja bushing di setiap ujung link tersebut yang kurang mendapat perhatian. Cek bushing di setiap link tersebut... apabila memang sudah getas, keras, ataupun pecah bisa diakali atau dicarikan bushing eceran tanpa harus mengganti segelondong link trailing ataupun link lateral.
Bushing link yang pecah
 #Ohya, dibeberapa kasus temen2.. salah satu link tersebut bengkok.. salah satu tersangka penyebab link tersebut bengkok adalah salah menempatkan dudukan dongkrak atau mungkin pada alat dongkrak pencuci mobil yang "asal" menempatkan dudukannya di link tersebut sehingga menyebabkan bengkoknya link tersebut.. So.. saat cuci mobil..pastikan tidak salah menempatkan dudukan.

Contoh link yang bengkok


4. Bearing
Bearing ini berfungsi sebagai tempat roda untuk memutar, letaknya di belakang roda menempel pada spindle / tromol .
Pada saat mobil melaju dan terdengar suara dengung, makin cepat melaju makin keras bunyinya..kemungkinan besar bearing bermasalah..
Bearing belakang
Untuk memastikan kondisi bearing minta diganti atau tidak, bisa dicek sendiri dengan cara memutar ban (dongkrak dulu ya gan..he).. kemudian sambil putar ban..pegang per shockbreaker... apakah ada getaran seiring putaran ban. Klo tidak ada... pindah roda yang lain... cek juga... biasanya kalau bearing rusak, ketika ban diputar akan ada getaran di shockbreaker sebagai tanda bearing tidak mulus berputar. Bahkan seandainya sudah parah...roda diputar pun sudah terasa kurang halus putarannya dan kasar.
4. Shockbreaker
Pembahasan kurang lebih sama dengan yang di bagian kaki depan.



Semoga membantu... ^^

Carens Owner Jateng DIY

4 comments:

  1. Link trailing itu ada yg jual ga ya,punya sya kiri kanan bengkok gitu deh kyanya..kira2 dmna toko part utk kia,tlong pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa ditanyakan di bengkel resmi KIA, atau belanja online via http://optimus-autoparts.com, atau ke KAP motor atrium..
      murahnya di press aja besinya biar lurus lagi, minta tolong di bengkel kaki2.. :-D

      Delete
  2. Min, kalo beli bushing link trailingn nya saja dimana ? Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maap2.. lama enggak mantau blog.. cari di toko khusus karet bushing atau kontak KAP motor atrium gan.. :-)

      Delete

Instagram