Beberapa hari yang lalu ada seorang teman yang carensnya mogok akibat aki sudah tidak kuat untuk distater lagi. Untungnya lokasi mogok tidak jauh dari rumah saya sehingga bisa segera ditolong dengan metode jumper aki.
Walaupun tips cek aki sudah banyak, tetapi enggak salah deh saya sharing lagi terutama buat temen-temen carenser...:-)
Ada beberapa tipe aki dari yang paling murah dengan beberapa ratus ribu sampai aki mahal dengan harga jutaan, yang itu semua ternyata tetap membutuhkan perhatian, ya...mau enggak mau berhubung kendaraan kita carens tercinta sudah cukup berumur maka mau enggak mau pula kita luangkan waktu sejenak memeriksa aki secara berkala..
Intinya kebutuhan tegangan listrik semua sensor yang ada dipasok oleh aki...apabila aki tidak bisa mensuplai tegangan sesuai kebutuhan maka sensor pun akan kena imbasnya dengan memberikan respon yang "kurang sesuai"...parah lagi aki sudah soak yang akibatnya mobil tidak dapat dihidupkan.
Berikut share hasil cek tegangan aki carens saya tipe NS70 yang saya beli 1,5 tahun yang lalu:
![]() |
Tegangan aki tanpa beban di pagi hari |
![]() |
Tegangan aki posisi ACC |
![]() |
Tegangan aki posisi ON beberapa saat (lampu check engine sudah mati) |
ke posisi ON..kemudian menurunkan kaca jendela...check engine off.....tegangan turun sampai 12,56 v... turunnya tegangan ini adalah karena sebagian arus didistribusikan sesuai kebutuhan peralatan kelistrikan yang ada di carens.
3. Starter mobil..kondisi mesin nyala...tegangan 14,30 v...dalam kondisi normal ketika mesin dalam kondisi hidup, tegangan berkisar antara 13,5 - 14,5 v..artinya alternator dalam kondisi sehat dengan suplai asupan listrik sesuai kebutuhan aki.. apabila tegangan aki kurang dari 13,5 v sepertinya harus cek kelayakan alternator.... nah klo cek tegangan aki malah justru naik lebih dari 14,5 v sepertinya juga harus cek kelayakan alternator juga...jangan-jangan alternator over charge yang ujung-ujungnya dapat memperpendek umur aki karena disuplai arus berlebihan secara kontinyu.
![]() |
Tegangan aki saat mesin hidup |
4. Mesin saya matikan untuk beberapa saat 5 - 10 menit...kemudian cek tegangan menunjukkan 13,41 v...normalnya ketika mesin dimatikan untuk beberapa saat (alternator sudah tidak mensuplai arus..) akan tetapi aki harus bisa menyimpan arus yang sudah diberikan oleh alternator...jeda waktu 5-10 menit paling tidak tegangan belum turun secara drastis..apabila dengan jeda waktu tersebut tegangan turun sampai 12,5 v...ada kemungkinan kemampuan aki dalam menyimpan arus sudah mulai berkurang...
![]() |
Tegangan aki 5-10 menit setelah mesin mati |
Selamat cek aki.. "-"
Share: Artdian - Sleman
untuk kia carens 2 aki berapa ampere yang benar2 cocok gan , punya sy 50 ampere mau sy ganti yg 60 ragu2 , tetapi yg 50 ini raanya sering ga kuat stater
ReplyDelete