Malam itu diskusi grup seputaran AC (lagi). The problem is.. AC ini sepertinya mulai tidak dingin seperti dulu lagi... seringnya kambing hitam yang paling apes adalah oknum personil AC bernama freon.. eh belum tentu juga loh ya..
Beruntung masih sempet ngikutin obrolannya, jadi bisa nambah ilmu dikit-dikit nih.. walaupun terseok-seok juga memahami obrolannya.
Baiklah, sebelum cek bagian yang problem mungkin yang pertama perlu dipahami adalah bagian-bagian sistem AC dulu.. lihat gambar ilustrasi berikut supaya lebih "ngeh"..
![]() |
Sistem AC Mobil |
1. Kompresor
Kompresssor ini memiliki fungsi untuk mengalirkan refrigerant (freon) media pendingin dalam sistem AC mobil. Kompresor ini digerakkan oleh mesin mobil melalui v-belt yang kemudian melakukan proses penghisapan freon dari evaporator dan kemudian dipompa keluar dengan tekanan tinggi dialirkan menuju kondensor. Posisi kompresor kurang lebih ada di bawah pompa power steering.
![]() |
Compressor Set |
2. Kondensor
Kondensor berfungsi untuk mendinginkan (membuang panas) dari freon bersuhu dan bertekanan tinggi yang dialirkan dari kompresor. Cooling fan AC membantu proses pembuangan panas dan bersama kondensor mengubah gas freon menjadi freon cair. Posisi kondensor ada di depan radiator mepet.
![]() |
Condenser |
3. Kipas AC (Condenser Fan)
Kipas AC berfungsi untuk membuang panas kondensor, pada mobil carens posisi kipas ac bersebelahan dengan kipas radiator (bukan di depan kondensor seperti gambar diatas), sehingga kipas ac carens selain membuang panas kondensor juga membuang panas dari air radiator. Posisi kipas ac ada di belakang radiator, bersebelahan dengan kipas radiator.
4. Receiver Dryer
Drier berfungsi sebagai penyaring kotoran di dalam freon yang bersirkulasi. Input freon dari kondensor yang berupa cairan tidak sempurna kemudian difilter oleh drier menjadi freon cair sempurna dengan suhu dan tekanan tinggi. Posisi reveiver tank dryer ada di dekat kondensor.
Receiver Tank (Dryer) |
5. Katup Ekspansi
Selanjutnya, katup ekpansi yang memiliki
fungsi untuk mengubah freon cair bersuhu dan bertekanan tinggi menjadi semprotan kabut gas dengan suhu dan tekanan yang lebih rendah. Posisi ekspansi ada dibalik evaporator.
6. Evaporator
Expansion Valve |
6. Evaporator
Evaporator berfungsi sebagai penyerap panas freon dan mengubahnya menjadi uap dingin bertekanan rendah. Posisi evaporator ada dibalik laci kabin.
Evaporator |
7. Blower AC
Blower berfungsi untu menghisap udara dingin dari evaporator dan ditiupkan kedalam kabin mobil. Posisi blower ada di balik laci kabin.
Secara umum begitulah proses kerja sistem ac mobil, adapun dalam prosesnya juga terdapat "bagian" lain yang membantu kinerja ac menjadi semakin maksimal, seperti misalnya termostat ac yang berfungsi untuk mendeteksi suhu pada evaporator. Termostat ini akan memutus arus apabila terdeteksi suhu evaporator terlalu dingin dan akan aktif kembali pada suhu tertentu. Dengan adanya termostat ini maka kondisi evaporator tetap terjaga, ekstrimnya evaporator tidak mengalami pembekuan. Selain itu juga terdapat filter kabin yang berfungsi menyaring kotoran yang ikut tertiup blower.
Berikut ilustrasi posisi sirkulasi part AC pada Carens :
Setelah mengetahui bagian part dan sistem kerja ac, maka tentunya menjadi sedikit lebih "ngeh" ketika kondisi ac "mungkin" tidak sedingin biasanya, barangkali bisa dicek dengan membayangkan urutan sirkulasi seperti gambar ilustrasi diatas. Mungkin apabila kondisi ac tidak dingin bisa mencoba tips singkat cek ac dengan cara memegang pipa sirkulasi yang masuk kabin (Pipe Cooling):
1. Kalau pipanya terasa tidak dingin artinya ada something wrong pada bagian part dititik sebelumnya, bisa jadi freon kurang atau kompresor bermasalah. Coba main tekan gas > 2000 rpm, kalau pipa berubah menjadi dingin berarti freon masih oke, tetapi kompresornya yang lemah. Kalau tetep enggak dingin bisa jadi kompresor sudah tidak bisa bekerja sesuai fungsinya.
2. Kalau pipanya terasa dingin (memang biasanya dingin berembun), berarti tidak ada masalah pada bagian part dititik sebelumnya. Masalah bisa jadi pada titik part berikutnya, yaitu evaporator barangkali mampet karena beku (intip fisik evaporator di balik laci kabin). kenapa membeku? barangkali switch termostatnya troubel sehingga tidak bisa memutus arus sehingga menurun terlalu dingin menyebabkan evaporator beku dan mampet. Cek juga blower, kemungkinan putaran blower lemah sehingga tidak bisa meniup udara dingin dari evap secara maksimal. Kenapa blower lemah? bisa jadi motornya lemah atau ada kotoran yang tidak pernah dibersihkan pada blower sehingga menghambat putaran blower. dst
Demikian kurang lebih penjelasan AC hasil obrolan group whatsapp yang barangkali bisa membantu problem ac kita semua.
Salam apa saja..
Thanks to: om Yudi Ajen - Bekasi, om Dony - OKU Timur, om Wiskov - Purwokerto, om Kukuh - Purwodadi, om Didin - Semarang... thanks to pencerahan dan tipsnya.. :-)
Haiiii
ReplyDeleteAda yg tau ga ya?
Kode part untuk magnetic clutch carens2 thn 2006??
Bisa dari denso ato sanden ato lainnya
Jika ada kode part per bagian
Center piece
Magnet spul
Puli dan bearing
Tempat beli dimana?
Kisaran harga brp?
Klo tanya di kia jogja km 5,8 malah disuruh ke bengkel ac.
Alasan kia jual kompresor komplit d amat mahal.
Trims
Ujakari
masuk grup whatsapp carens jogja aja gimana om?
Deletebiar lebih enak ngobrolnya.. hehe
Boleh jg
ReplyDeleteSaya dari blora
Nama sujak
0819 1718 3434
Sekarang tinggal di kebon arum klaten.
Dekat gondang pabrik gula klaten.
Pengguna carens 2 thn 2006.
Trims
om, kalau kompresor mati-hidup tiap detik setelah AC nyala selama kurang lebih 15 menit itu kenapa yah?
ReplyDeletekalau udah kejadian gitu AC jadi gak dingin dan yang gak enaknya lagi mobil jalannya jadi tersendat-sendat krn putaran mesin terganggu dengan tarikannya kompresor yg mati-hidup..
cek termostat om..mgkn udah brekele atau soket kendor. kompresor bekerja sesuai order dr sensor termostat itu
DeleteMau nanya para suhu
ReplyDeletePosisi switch termostat ac di CR2 dimsna ya. Soalnya ac selalu nyala terus, sampe kedinginan😁
Mau nanya para suhu
ReplyDeletePosisi switch termostat ac di CR2 dimsna ya. Soalnya ac selalu nyala terus, sampe kedinginan😁